Latest Updates

Jelang MotoGP Inggris Data dan Fakta Sirkuit Silverstone


Jakarta - Musim 2014 menjadi kali kelima secara beruntun Sirkuit Silverstone menggelar balapan MotoGP, setelah sebelumnya absen selama 23 tahun. Jorge Lorenzo menjadi salah satu yang tersukses dengan sudah tiga kali menang.

Berikut data dan fakta terkait sejarah Sirkuit Silverstone, seperti dikutip dari situs resmi MotoGP

- Balapan Grand Prix pertama di Silverstone adalah pada tahun 1997, yang sekaligus menjadi GP pertama di daratan utama Inggris. Negara tersebut pernah menggelar balap motor yakni di tahun 1949 untuk ajang Man TT circuit.

- Pemenang pertama balapan di Silverstone pafa tahun 1977 adalah: 500cc - Pat Hennen (Suzuki), 350cc & 250cc - Kork Ballington (Yamaha), 125cc - Pierluigi Conforti (Morbidelli)

- Layout asli sirkuit yang digunakan untuk balapan pada 1977 sampai 1986 memiliki panjang 4,71. Saat itu catatan fastest lap dibukukan oleh Kenny Roberts saat menunggangi Yamaha di tahun 1983 di mana kecepatan rata-ratanya adalah 192,2 km/h.

- GP Inggris digelar di Silverstone selama 10 tahun beruntun. Pada tahun 1987 event itu dipindahkan ke Sirkuit Donington Park.

- Pada tahun 2010 GP Inggris kembali ke Silverstone. Lintasan sudah mengalami revisi ketika itu dengan total panjang mencapai 5,9 km
- Kork Ballington dan Angel Nieto adalah dua pebalap dengan kemenangan terbanyak di Silverstone. Mereka masing-masing menjadi juara di enam kesempatan.

- Satu-satunya pebalap yang berhasil menang lebih dari satu kali di Silverstone sejak lintasan itu kembali jadi tuan rumah seri Grand Prix adalah Jorge Lorenzo. Lorenzo jadi pemenang di sana pada musim 2010, 2012 dan 2013.

- Satu-satunya pebalap asal Inggris yang meraih pole position di Silverstone (untuk seluruh kelas) adalah Barry Sheene. Dia meraihnya saat berlaga di kelas 500 cc pada musim 1997.

- Total ada 12 pebalap asal Inggris yang menuntaskan balapan di atas podium pada balapan di Silverstone. Mereka adalah:

John Williams (1977/350cc/3rd)

Barry Sheene (1978/500cc/3rd, 1979/500cc/2nd)

Tom Herron (1978/250cc/2nd, 1978/350cc/2nd)
Steve Manship (1978/500cc/2nd)

Mick Grant (1978/350cc/3rd)

Clive Horton (1978/125cc/2nd)

Keith Huewen (1981/350cc/2nd)

Andy Watts (1984/250cc/2nd)

Ron Haslam (1984/500cc/3rd)

Ian McConnachie (1986/80cc/1st)

Bradley Smith (2010/125cc/3rd, 2011/Moto2™/2nd)

Scott Redding (2012/Moto2/2nd, 2013/Moto2/1st)

0 Response to "Jelang MotoGP Inggris Data dan Fakta Sirkuit Silverstone"

Post a Comment